18+ Inspirasi Hiasan Dinding Kamar yang Lucu dan Menarik

Menghias apa saja yang ada di rumah tentu bisa menjadi pilihan yang bagus bagi Anda untuk menghabiskan waktu di akhir pekan yang cerah. Apalagi jika Anda sedang dalam keadaan menyembuhkan diri dari patah hati. Hal ini dapat mengalihkan Anda ke hal yang lebih positif lagi tentunya.

Salah satunya adalah dengan mencoba untuk membuat hiasan dinding kamar guna menghadirkan suasana baru di dalam kamar Anda agar tidak cepat bosan. Anda bisa memulainya dengan memanfaatkan bahan dan alat yang ada di sekitar Anda.

Hiasan dinding kamar sederhana buatan sendiri

1. Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar Buatan Sendiri

Kamar merupakan bagian yang vital untuk manusia. Bagi mereka yang bekerja, kamar menjadi ruang yang menjadi tempat beristirahat setelah penat seharian di kantor, ruang membaca buku yang nyaman, hingga menyelesaikan pekerjaan dari klien. Jadi bisa dikatakan manusia hampir menghabiskan 70% menghabiskan waktunya di dalam kamar.

Hiasan dinding kamar Minimalis

Maka dari itu, menghias kamar sebenarnya menjadi kewajiban bagi Anda yang mudah jenuh dengan sesuatu yang itu-itu saja. Jika Anda bingung harus mulai dari mana, Anda bisa membaca artikel ini hingga selesai. Kami akan memberikan rekomendasi hiasan dinding kamar yang bisa Anda ikuti di rumah beserta alat dan bahannya. Mari kita mulai!

Hiasan Dinding dari Kaset

Apabila dulunya Anda adalah tipikal orang yang senang mengumpulkan kaset dan kini kaset-kaset tersebut sudah tidak dapat digunakan lagi, Anda dapat menjadikannya sebagai hiasan di dinding kamar Anda. Cara membuatnya sangatlah sederhana, misal dengan membuat inisial nama Anda dengan kaset-kaset tersebut. Rekatkan dengan lem yang kuat ya!

Hiasan Dinding dari Kaset

Hiasan Dinding Ranting Kayu

Apakah Anda suka sesuatu yang berasal dari alam? Jika iya, hiasan dinding ini sepertinya sangat cocok dengan Anda. Anda mungkin pernah bepergian ke suatu tempat yang Anda tidak tahu apakah bisa kembali ke sana. Jika begitu, Anda bisa membawa ranting kayu untuk Anda jadikan sebagai kenang-kenangan.

Hiasan Dinding Ranting Kayu

Ranting kayu tersebut adalah rekomendasi yang bagus untuk jiwa-jiwa pecinta alam. Jadikan saja ranting kayu itu hiasan di dinding kamar untuk dilihat kembali sembari membayangkan kembali ke tempat yang Anda sukai itu. Rekatkan dengan lem tembak untuk hasil yang lebih kuat.

Hiasan Dinding Abstrak Seperti Lukisan

Apakah Anda memiliki kanvas yang sudah tidak digunakan lagi? Jika ada, Anda dapat memanfaatkan ini sebagai alas untuk menempelkan berbagai kertas warna-warni. Gunting saja sesuai selera Anda, misalnya dengan bentuk persegi tiga panjang. Rekatkan dan tempellah di dinding yang Anda inginkan.

Hiasan Dinding Abstrak Seperti Lukisan

2. Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar dari Kardus

Kardus ada di mana-mana, ketika membeli barang atau membeli indomie dalam jumlah banyak. Sebelum berpikir membuangnya, Anda bisa memanfaatkan kardus tersebut untuk membuat berbagai hiasan dinding kamar, salah satunya adalah rak dinding.

Hiasan Dinding Kamar dari Kardus Bekas

Rak Dinding Kardus untuk Menyimpan Buku

Rak dinding bisa sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin menyimpan buku tanpa harus menghabiskan ruang di kamar Anda. Apalagi jika Anda merasa barang-barang di kamar Anda sudah cukup padat. Membuat rak dinding adalah salah satu solusinya. Berikut adalah alat dan bahan yang harus Anda siapkan terlebih dahulu.

Nama dari Kardus untuk Hiasan Dinding

Pertama tentu saja kardus bekas, penggaris, gunting, pisau cutter, spidol, lem tembak atau double tip yang tebal, dan lem fox putih. Adapun cara membuatnya dimulai sebagai berikut:

  1. Ukur kardus sekitar 17×10 cm.
  2. Buatlah terus seperti itu hingga menghasilkan 12 potongan kardus.
  3. Tempelkan ke 12 potongan kardus tadi satu sama lain dengan menggunakan lem fox putih hingga menyisahkan 6 buah saja.
  4. Haluskan bagian ujung ke 6 kardus tadi dengan memotongnya sekitar 1 cm dari ujung.
  5. Tempelkan satu sama lain kardus tersebut dengan menggunakan lem tembak tadi. Rapikan sebaik mungkin hingga bisa dibentuk dengan mudah. Hasil akhirnya harus berbentuk prisma.
  6. Ambil kardus lagi dan potong memanjang. Ukur ujungnya sekitar 1 cm dan potong dengan pisau cutter. Bukalah bagian luar karton sisa memanjang dari yang dipotong tadi.
  7. Tempelkan bagian luar tadi ke permukaan rak prisma yang bolong dengan menggunakan lem fox putih dan rapikan. Kini rak buku Anda telah jadi!

Nama dari Kardus untuk Hiasan Dinding

Selain sebagai rak, Anda juga bisa memanfaatkan kardus untuk membentuk nama Anda secara kreatif. Apalagi jika Anda senang dengan seni lettering nama. Bahan dan alat yang Anda butuhkan sangat sederhana, yaitu hanya gunting, kardus, lem tembak, dan pisau cutter.

Rak Dinding Kardus untuk Menyimpan Buku

Untuk cara membuatnya dimulai dari membuat lettering tentu saja di atas kardus. Setelah itu potong bagian luarnya yang bertekstur agar lebih enak dipandang mata. Rekatkan mereka dan tempellah di dinding. Sederhana, bukan?

Pigura Multifungsi dengan Warna Ceria

Perempuan tentu memiliki seperangkat tempat kosmetik di kamarnya. Jika Anda malas untuk membeli tempat tersebut, Anda bisa membuatnya sendiri dari kardus bekas. Anda tinggal menempelkan saja kertas warna-warni yang bermotif sesuai selera Anda ke permukaan kardus tersebut. Maka jadilah piguranya.

Hiasan dinding kamar yang terlihat segar dengan aksen hijau

Pigura itu bisa Anda jadikan tempat kosmetik, menyimpan foto, atau untuk menempelkan boneka kecil yang lucu sebagai pajangan. Jika kamar Anda menarik seperti itu, Anda juga bisa semakin betah, bukan?

3. Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar dari Kertas Kado

Jika Anda memiliki banyak kertas kado bekas di rumah, Anda bisa memanfaatkannya sebagai penghias dinding di dalam kamar. Lebih bagus lagi jika Anda memiliki kertas kado yang polos atau yang bermotif. Sebelum dibuang, Anda bisa menggunakannya terlebih dahulu. Penasaran? Simak penjelasan berikut ini.

Hiasan Dinding Kamar dari Kertas Kado yang simpel

Motif Melingkar Pada Dinding Kamar

Untuk motif yang satu ini, Anda membutuhkan beberapa alat dan bahan, seperti; gunting, ram sulam berbagai ukuran yang disesuaikan dengan keinginan Anda, beberapa kertas kado bermotif, lem tembak, dan lem fox putih.

Hiasan dinding Motif Melingkar Pada Dinding Kamar

Adapun cara membuatnya cukup sederhana. Pertama, buatlah lingkaran dengan berbagai ukuran pada kertas kado yang Anda miliki. Satu lingkaran tiap motifnya. Setelah itu tempelkan pada ram sulam sesuai dengan ukurannya. Terakhir, tempelkan di dinding kamar secara acak maupun rapi dengan lem tembak dan selesai!

Motif Tirai Polkadot Pada Dinding Kamar

Bagi Anda yang hanya memiliki kertas kado yang berwarna polos, tenang saja karena ini juga masih bisa digunakan. Salah satunya untuk membuat tirai pada dinding yang sebaiknya berwarna polos. Bahan dan alat yang Anda butuhkan adalah benang sesuai warna dinding, kertas kado polos berbagai warna, kayu, dan lem fox putih.

Motif Tirai Polkadot Pada Dinding Kamar

Adapun cara membuatnya adalah pertama, bentuk bundaran pada kertas kado tersebut. Kedua, tempelkan pada benang dengan berbagai ukuran agar terlihat menarik. Ketiga, ikat benang tadi dengan kayu untuk menghasilkan efek tirai. Terakhir, ikat benang di bagian atas kayu untuk digantungkan pada dinding kamar. Selesai!

Sebagai panduan, kami akan menghadirkan berbagai tutorial yang mungkin bisa Anda ikuti langkah-langkahnya. Tunggu apa lagi? Mari kita mulai!

Tulisan “Sleep” dengan Kertas Kado Polos

Untuk Anda yang lelaki, Anda tetap bisa menghias kamar dengan kertas kado tanpa terlihat terlalu feminin. Misalnya dengan menuliskan kata sleep di bagian atas dinding tempat tidur Anda untuk memberi kesan yang cool.

Hiasan dinding kamar anak perempuan

Namun ada beberapa bahan dan alat yang harus Anda butuhkan untuk ini, yaitu; kertas kado warna hitam, printer untuk membuat huruf, gunting, dan lem fox putih.

Adapun cara membuatnya adalah pertama, print huruf SLP dan 2 simbol mata untuk mengganti huruf E dengan kertas kado hitam tadi. Kedua, gunting sesuai motif. Ketiga, tempelkan langsung dengan menggunakan lem fox agar tahan lama. Selesai!

4. Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar dari Kertas Origami

Kertas origami biasanya disukai oleh perempuan atau anak-anak karena warnanya yang lembut dan dapat dibentuk sesuai keinginan. Apalagi hasil origami itu nantinya dapat memberi efek tiga dimensi, hingga seperti nampak nyata dan hidup. Karena seperti itu, kertas origami juga dapat Anda manfaatkan sebagai hiasan dinding kamar. Adapun berbagai contoh hiasan dari origami adalah sebagai berikut.

Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar dari Kertas Origami

Hiasan Piramida Pada Dinding Kamar

Piramida juga bisa Anda jadikan sebagai pilihan dalam merias dinding kamar Anda menjadi lebih berwarna. Apalagi jika warnanya putih polos, Anda bisa membuat bentuk piramida dari kertas origami dengan berbagai warna lembut sesuai selera. Anda hanya harus menyusunnya sesuai dengan kreativitas Anda.

Hiasan Piramida Pada Dinding Kamar

Hiasan Kupu-Kupu 3D Berwarna Cerah Maupun Hitam Gelap

Jika Anda lebih suka dengan warna cerah, Anda bisa membuat kupu-kupu dari kertas origami seperti merah jambu, kuning, atau hijau terang. Anda bisa menyusunnya dengan rapi pada dinding kamar dengan aturan yang menyesuaikan dengan kreativitas Anda.

Namun jika Anda ingin memeroleh efek yang gelap, Anda bisa membuat kupu-kupu itu dari kertas origami berwarna hitam. Anda tinggal menempelkannya pada dinding seperti contoh yang pertama tadi. Jangan lupa gunakan lem fox putih agar tempelan Anda kuat dan tidak mudah jatuh.

Hiasan Kupu-Kupu 3D Berwarna Cerah Maupun Hitam Gelap

Hiasan Bentuk Love untuk Dinding Polos

Apabila Anda memiliki dinding kamar yang putih polos, maka Anda bisa mencoba untuk membuatkannya hiasan dari kertas origami. Buat saja berbentuk love dan digunting. Terakhir, tempelkanlah di sembarang tempat hingga terlihat menyebar. Kini dinding kamar Anda sangat unik!

5. Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar dari Barang Bekas

Rekomendasi terakhir yang bisa Anda buat sendiri di rumah adalah hiasan yang terbuat dari barang bekas di sekitar Anda. Mungkin Anda bertanya, barang bekas apa saja yang bisa dijadikan hiasan? Jawabannya tentu tergantung dari apa yang Anda miliki tetapi sudah tidak dibutuhkan lagi. Daripada dibuang lebih baik dimanfaatkan, bukan?

Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar dari Barang Bekas

Tapi Anda tidak perlu khawatir. Kami akan memberikan beberapa contoh bahan bekas yang bisa Anda gunakan sebagai penghias dinding di kamar pribadi. Apa sajakah itu? Simak penjelasan berikut ini.

Hiasan Dinding Toples Bekas

Apakah Anda memiliki toples kecil dan sudah tidak dipakai lagi di rumah? Jika iya, maka sekarang adalah saat yang tepat untuk memanfaatkannya. Anda bisa membuat hiasan untuk digantung pada dinding kamar dengan menggunakan toples yang diisi dengan bunga.

Hiasan Dinding Toples Bekas Sebagai Pot Bunga

Bahan dan alat yang Anda butuhkan untuk membuat pot bunga dari toples sebenarnya cukup sederhana, seperti toples kecil dengan ukuran yang sama, ring untuk merekatkannya pada kayu, paku, kayu untuk merekatkan pot bunga, bunga hias yang kecil, dan tanah tentu saja.

Cara membuatnya pertama adalah Anda membersihkan toples tersebut dan masukkan tanah yang subur. Setelah itu masukkan bunga hias tadi secara perlahan ke dalam toples. Rekatkan ring besi pada toples. Terakhir, paku bagian ring belakang dengan kayu untuk melengketkannya pada dinding kamar. Selesai!

Hiasan Lampu Botol Bekas

Apakah Anda pernah terpikir dapat membuat lampu dari botol bekas? Jika belum, sepertinya Anda wajib membuat lampu unik satu ini. Dengan memanfaatkan botol air minum besar polos yang sudah tidak digunakan lagi, Anda dapat menghasilkan sebuah pantulan cahaya yang bagus dengan menggantung botol ini pada lampu.

Hiasan Lampu Botol Bekas

Jadi lampu yang harus Anda gunakan adalah lampu gantung, akan lebih pas lagi bila lampu gantung itu berwarna kuning yang biasa digunakan sebagai lampu tidur. Botol bekas yang Anda miliki tadi tinggal digunting bagian bawahnya hingga tampak merambat dan memunculkan cahaya yang berbeda dari lampu.

Hiasan Dinding dari Kayu Tua Bekas

Kayu bekas yang biasanya langsung terbuang begitu sudah tidak digunakan lagi ternyata dapat dimanfaatkan menjadi hiasan yang cantik pada dinding kamar. Anda dapat melakukannya hanya dengan menggunakan lem tembak dan kayu saja. Caranya adalah potong dulu panjang kayu yang Anda inginkan. Buatlah tidak sama panjang agar lebih mudah untuk dikreasikan.

Hiasan Dinding dari Kayu Tua Bekas

Setelah itu Anda bisa langsung menempekannya pada dinding kamar. Anda bisa menambahkan sedikit kayu pada bagian depan dengan memakunya untuk menyimpan benda-benda kecil seperti pot bunga mini atau foto. Semua tentu tergantung lagi pada selera Anda.

Hiasan Dinding dari Sendok Bekas

Anda tentu memiliki sendok di rumah, bukan? Jika ada banyak sendok yang sudah tidak digunakan lagi, Anda bisa loh mengecetnya dengan warna emas dan menjadikannya sebagai pajangan. Akan lebih unik lagi jika Anda menambahkan ornamen kecil seperti kepala burung. Jadi sendok tersebut akan terkesan sebagai sayap burung itu.

Hiasan Dinding dari Sendok Bekas

Hiasan Dinding dari Foto-foto yang Berkesan

Foto sebenarnya tidak bisa dibilang sebagai bahan bekas, sebab ia akan selalu ada untuk dikenang oleh pemiliknya setiap zaman. Jika Anda memiliki banyak foto di rumah, Anda bisa memajangnya menjadi hiasan di dinding yang bisa Anda lihat setiap saat. Foto-foto tersebut tinggal Anda rekatkan dengan lem atau double tip yang tebal.

Hiasan Dinding dari Foto-foto yang Berkesan

Hiasan Dinding untuk Jam dari Lipatan Kertas

Setiap orang biasanya memiliki jam dinding di kamarnya, mungkin Anda juga. Nah jam dinding itu ternyata bisa dimanfaatkan sebagai penghias di kamar Anda sendiri. Misalnya dengan membuat gulungan kertas warna-warni dan direkatkan mengelilingi jam dinding tersebut. Jika sudah jadi, Anda tentu akan puas dengan hasilnya. Kini, melihat jam tidak akan membuat Anda menjadi bosan lagi.

Hiasan Dinding untuk Jam dari Lipatan Kertas

Itulah tadi berbagai rekomendasi yang dapat kami berikan untuk menjadi panduan Anda dalam berkreasi di kamar dengan membuat beragam hiasan dinding. Jangan mudah menyerah ketika gagal sekali ya. Jika sudah merasa kesulitan, mintalah seseorang untuk membantu Anda membuatnya.

Bahan dan alat yang digunakan juga tidak perlu mahal, tetapi sesuai dengan apa yang ingin Anda buat tentu saja. Buktinya toples hingga sendok bekas saja bisa dimanfaatkan. Jadi mengapa tidak, bukan? Jika Anda sudah siap untuk membuatnya, mulailah sekarang dan jangan menunda lagi. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Leave a Comment