Hiasan Dinding Kelas Yang Menarik Dari Kertas Bekas

Kelas menjadi tempat interaksi anak-anak saat di sekolah. Menjadi tempat untuk berkreasi, belajar, berinteraksi dan melakukan berbagai hal seru dengan teman-temannya. Untuk meningkatkan kreativtas anak, kelas harus di desain dengan sebaik mungkin. Apalagi untuk kelas pra sekolah, harus membuat kelas yang ceria dan menyenangkan. Sehingga anak-anak betah bermain dan belajar di dalam kelas. Untuk mendekorasi kelas, anda bisa menambahkan hiasan dinding kelas yang menarik.

Tema Hiasan Dinding Kelas Yang Menarik

ketika ingin menghiasi dinding kelas, anda harus menentukan tema yang diinginkan. Sehingga kelas lebih menarik dan rapi. Tidak memberikan hiasan sembarangan tanpa tema yang jelas. Berikut ini beberapa tema hiasan dinding kelas yang bisa anda gunakan.

Hiasan dinding kelas yang menarik untuk menulis

     Tema Karnival

Tema karnival akan memberikan kesan yang ceria. Warna terang menjadi pilihan tepat untuk tema ini, anda bisa memilih warna biru muda, merah, kuning, hijau muda dan lainnya. Untuk warna sekundernya bisa memilih warna yang agak gelap. Seperti warna hitam atau cokelat. Dekorasi ini akan membuat suasana sirkus yang ceria. Tambahkan wallpaper dinding sesuai tema untuk memberikan kesan kelas yang menarik.

     Tema hitam putih

Tidak selamanya hiasan kelas harus warna-warni. Anda juga bisa membuat hiasan kelas dengan tema hitam putih. Tapi pastikan untuk menambah beberapa warna lainnya. Supaya kelas tidak terlihat monoton. Pernak pernik dengan warna cerah akan membuat kelas semakin menarik. Tambahkan hiasan rumbai-rumbai, gantungan, atau tempelan menarik di dinding kelas. Sehingga suasana kelas lebih hidup.

     Tema Camping

Anak-anak pasti suka camping atau kemah di luar ruangan. Anda juga bisa menerapkan tema ini di ruang kelas. Dengan tema camping indian yang menarik. Semua dekorasinya berhubungan dengan camping. Misalnya diberi tenda indian di pojok ruangan. Lalu hiasan pohon yang menaungi di pojok kelas. Anda juga bisa menggambar pohon, tanaman dan lainnya. Manfaatkan barang bekas untuk membuat semua hiasan tersebut.

     Tema bawah laut

Tema dekorasi kelas lainnya adalah tema bawah laut. Anda bisa mengajak anak-anak untuk menggambar berbagai hewan laut. Kemudian menempelnya di dinding kelas. Warna yang mendominasi pun lebih warna warni. Dengan warna utama adalah warna biru dan putih. Untuk memberikan kesan bawah laut semakin maksimal. Gambar nuansa pantai atau laut di kelas anda.

Cara Membuat Hiasan Dinding Kelas Dari Kertas Origami

Setelah menentukan tema, sekarang anda bisa membuat hiasan dindingnya sendiri. Salah satunya dengan menggunakan kertas origami. Banyak bentuk origami yang bisa anda buat. Anda juga bisa mengajak anak-anak untuk membuatnya sendiri. Inilah cara membuat hiasan dinding kelas dari kertas origami.

Cara membuat hiasan dinding kelas dari kertas origami kupu kupu

     Kupu-kupu

Kupu-kupu menjadi bentuk origami yang paling mudah dibuat. Anda bisa memilih warna yang cerah. Seperti warna merah, kuning, jingga, biru dan lainnya. Untuk hasil yang maksimal, siapkan lem kertas untuk menempel setiap sudutnya. Sehingga kupu-kupu lebih kokoh dan bisa ditempel di dinding kelas.

     Bunga tulip

Hiasan kertas origami berbentuk bunga tulip bisa digunakan untuk menghiasi kelas anda. Diletakkan di meja atau pojok ruangan. Anda juga bisa menempelnya di dinding kelas. Tidak hanya membuat bunga tulipnya saja. Tapi anda juga bisa membuat tangkai bunga dan potnya. Tangkai bunga dibuat dari sebatang lidi atau kertas lipat. Sedangkan potnya bisa dibuat dari botol bekas atau kertas origami.

Cara membuat hiasan dinding kelas dari barang bekas untuk lantai

     Bintang

Bintang akan menjadi hiasan yang bagus di kelas anda. Ditempel di atap atau dinding kelas. Anda juga bisa menyambungnya dengan tali, kemudian dipasang menggantung sebagai hiasan jendela. Cara membuat origami bintang juga sangat mudah. Anda harus menyiapkan beberapa alat. Seperti kertas origami berwarna, pulpen, gunting, dan penggaris.

     Burung

burung termasuk bentuk origamii yang paling sering dibuat. Anda bisa membuat burung camar yang cantik. Kemudian sambungkan beberapa burung camar dengan menggunakan tali. Gantungkan dibeberapa sudut ruangan kelas. Seperti jendela, pintu dan lainnya. Ini akan menjadi hiasan yang indah di kelas anda. Jangan lupa pilih warna-warna yang cerah.

     Bangau

Origami bangau merupakan bentuk yang paling umum dibuat. Bahkan ada mitos, bila kita membuat 1000 bangau bisa terkabulkan doanya. Anda bisa membuat hiasan ini dengan digantungkan di langit-langit atap atau jendela. Tentunya bisa menjadi hiasan yang menarik dan lucu di ruangan kelas anda.

Cara Membuat Hiasan Dinding Kelas Dari Barang Bekas

Selain membuat hiasan dinding kelas dari origami, anda juga bisa membuat hiasan dinding dari barang bekas. Ada banyak barang bekas yang bisa anda manfaatkan. Anda bisa berkreasi biasa anak murid membuat barang yang lucu-lucu. Berikut ini beberapa barang bekas yang bisa dibuat menjadi hiasan dinding yang menarik.

Cara membuat hiasan dinding kelas dari barang bekas yang menarik

     Kertas koran

Daripada kertas koran ditumpuk begitu saja, lebih baik dimanfaatkan menjadi hiasan yang menarik. Ada banyak bentuk yang bisa dibuat dari barang bekas. Misalnya hiasan jendela dengan berbagai bentuk, bunga, vas bunga dan lainnya. Berikan pewarna supaya hasilnya semakin menarik. Gunakan pewarna yang aman untuk anak-anak, sehingga mereka bisa membuatnya sendiri. Anda juga bisa membuat bingkai foto dengan menggunakan kertas koran.

     CD Bekas

Zaman dulu banyak orang yang mendengarkan musik dari kepingan CD. Tapi sekarang banyak orang yang memilih untuk streaming langsung. Sehingga banyak cd bekas yang mengganggur di rumah. Anda bisa memanfaatkan barang tersebut menjadi hiasan yang menarik. Anda bisa melukis cd dengan berbagai gambar. Kemudian digantungkan atau di tempel di dinding.

     Stik es krim bekas

Anak-anak pasti suka makan es krim stik. Suruh mereka untuk mengumpulkan semua stik es krim yang mereka beli. Karena bisa dibuat menjadi hiasan dinding yang menarik. Ada banyak bentuk yang bisa anda buat. Seperti tempat pencil, vas bunga, hiasan tempel dinding dan lainnya. Bahkan anak-anak bisa menyusunya menjadi bentuk rumah yang lucu. Biarkan anak-anak berkreasi dengan idenya sendiri.

Cara membuat hiasan dinding kelas dari kertas origami yang mudah

     Botol bekas

Untuk mengurangi penggunaan plastik, anda bisa memanfaatkan botol plastik bekas menjadi hiasan yang bermanfaat. Botol bisa dibuat menjadi berbagai bentuk yang lucu dan menarik. Anda bisa membuatnya menjadi vas bunga, tempat pencil, mobil-mobilan, bunga dan masih banyak lainnya. Daripada botol bekas ditumpuk begitu saja, lebih baik dibuat menjadi hiasan kelas.

Mendekorasi kelas bisa menggunakan benda yang murah meriah disekitar kita. Anda bisa mengajak anak-anak untuk mendekorasi kelas, sehingga mereka merasa senang. Yang paling penting tentukan temanya terlebih dahulu. Kemudian sediakan semua alat dan bahannya. Ajak anak untuk berkreasi sesuai keinginan. Tidak perlu menentukan satu bentuk hiasan saja. Apalagi cara membuat hiasan dinding kelas dari barang bekas sangat mudah dengan alat yang murah. Sekian informasi yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment